Tips Paling Baik untuk Hidup Sehat

1. Olahraga

Melakukan olahraga dengan teratur sangat penting untuk hidup sehat. Sebab dengan olah raga bisa memungkinkan kita membakar lemak dalam tubuh kita, meregangkan otot dan jaringan, membuat peredaran darah , pencernaan, pernafasan, dan sistem ekskretoris bekerja dengan baik.

Dengan Olahraga maka kita bisa tidur dan istirahat dengan baik. Berbagai jenis olahraga yang bisa kita lakukan seperti: basket, berjalan, jogging,  bersepeda,  berjalan, melompat, menari, sepakbola, dll. Pilih salah satu dari jenis olah raga tersebut. Cobalah sebisa mungkin hingga keluar keringat. Berolah raga sedikitnya dua jam setiap minggu.

2. Makanan

Kesehatan tubuh setiap orang bergantung pada apa yang ia konsumsi/makan. Orang yang makan dan melakukan diet seimbang; kaya protein, vitamin,  karbohidrat, mineral, lemak dan minyak serta air maka pasti akan sehat. Tubuh dengan gizi seimbang akan mengembangkan antibodi yang cukup kuat untuk berperang melawan setiap antigen yang masuk ke dalam tubuh. Semua sel dan jaringan yang rusak sebab kegiatan sehari-hari akan diisi ulang.

Sebaliknya orang yang mengkonsumsi alkohol, merokok, mengambil obat keras dll, akan membahayakan kesehatannya. Hal-hal akan menghancurkan sistem kekebalan tubuh, sel-sel dan jaringan. Akibatnya, tubuh akan terkena penyakit seperti diabetes, kanker, tekanan darah tinggi, dll.

Silahkan pilih, mau makan yang sehat atau makan makanan yang tidak sehat ?

3. Bekerja

Bekerja tidak hanya bermanfaat untuk menciptakan peluang penghasilan buat kehidupan kita. Tapi pekerjaan juga sangat penting untuk mempertahankan hidup sehat. Bekerja dapat menciptakan kekayaan, dan kekayaan digunakan untuk mempertahankan hidup sehat. Sebuah kata pepatah berkata “dia yang tidak bekerja tidak boleh makan”.

Tidak bekerja sama saja dengan membiarkan tubuh anda akan digerogoti berbagai penyakit. Seperti air. Kalau air itu mengalir maka biasanya jernih. Beda dengan air yang menggenang, banyak sekali kotoran yang hinggap.

4. Beristirahat

Tubuh kita sama dengan sebuah mesin yang dapat memanas jika tidak  didinginkan setelah seesai bekerja dalam jangka waktu lama. Maka lakukan istirahat. Istirahat membantu tubuh kita menjadi lebih fresh/segar, lebih efisien dan tentu lebih produktif.

Saat kita beristirahat, metabolisme tubuh melambat, dan pada saat itu dilakukan perbaikan pada sel-sel dan jaringan. Beberapa orang telah menyalahgunakan tubuh mereka dengan bekerja sepanjang tahun dan pada akhirnya adalah merusak sistem tubuh mereka. Maka sebaiknya luangkan waktu sejenak untuk liburan dan bersantai, ini sangat baik untuk kesehatan Anda. 🙂

5. Lingkungan

Lingkungan adalah sesuatu yang ada di luar tubuh kita. Lingkungan juga sangat penting untuk membantu terciptanya kesehatan dengan baik. Tempat kita tinggal menentukan keadaan kesehatan kita. Sebuah lingkungan yang kotor rawan nyamuk, udara daerah tercemar tentu akan membahayakan kesehatan kita. Jika kita menjaga lingkungan kita tetap bersih, maka niscaya hidup kita akan selalu sehat. Untuk itu mari kita jaga lingkungan dengan sebaik-baiknya untuk menjaga kesehatan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s