Cara Merawat Rambut

 

Cara Merawat Rambut

1. Kebersihan rambut dan kulit kepala

Meski dalam kondisi sulit sekalipun usahakan tetap menjaga rambut tetap bersih sehingga kulit kepala tetap dapat memberikan nutrisi yang cukup pada akar rambut. Jangan terlalu sering dan jangan terlalu lama membiarkan rambut yang Anda kotor, sebisa mungkin usahakan minimal 2 hari sekali mencuci rambut dengan sampho yang cocok. Aktivitas yang padat menyebabkan keringat pada kulit kepala sehingga pori – pori tidak dapat menyerap udara dengan baik. Selain itu rambut yang bersih juga dapat membuat pikiran kita menjadi lebih fresh dan jauh dari stress.

Bila Anda mempunyai anak tak ada salahnya menerapkan cara diatas dengan mencuci rambut dua kali dalam seminggu. Terutama bagi anak – anak yang jarang keluar rumah, beraktivitas, atau keringetan maka tingkat kebersihan rambut lebih terjamin. Perlu adanya sampho khusus untuk mencuci rambut buah hati Anda.

2. Pemilihan Shampo

Jenis shampo yang tepat dapat mempengaruhi tingkat kesehatan rambut dan kulit kepala yang kita miliki. Semakin bagus kualitas sampho maka memberikan tingkat kebersihan pada rambut semakin tinggi. Sebisa mungkin hilangkanlah minyak, ketombe, dan kotoran debu dari rambut secara rutin. Shampo berkualitas belum tentu mahal, jadi pilihlah yang sesuai dengan jenis kulit kepala. Jika sudah cocok menggunakan shapo tertentu jangan berganti lagi karena kulit kepala akan kesulitan lagi untuk menyesuaikan diri dengan bahan yang terkandung dalam shampo.

Khusus untuk cara merawat rambut si kecil gunakanlah shampo yang tidak pedih dimata atau hanya mengandung sedikit zat kimia. Banyak di toko khusus perlengkapan anak yang menjual shampo khusus ini. Selain itu, juga pilihlah shampo yang tidak menyebabkan alergi. Karena ada shampo tertentu yang memiliki tingkat alergi cukup tinggi.

3. Jenis Sisir

Bila rambut Anda mudah rontok gunakanlah sisir dengan gerigi renggang atau sikat rambut berjenis tumpul. Bahkan menurut pakar rambut, sisir merupakan salah satu biang keladi rusaknya rambut. Iklan di televisi pun sering membandingkan kualitas shampo dengan sisir yang dipakai. Sama halnya bila menyisir rambut Anak – anak gunakan sisir rambut secara perlahan dengan lembut karena bila terlalu kasar akan menyebabkan rambut si kecil rontok.

4. Pangkas Rambut Secara teratur

Memangkas rambut secara teratur selain dapat dijadikan style ternyata rambut yang memiliki ukuran cukup dapat membantu untuk mengurangi kerontokan rambut. Banyak yang mengatakan bila memotong rambut sejak kecil secara teratur bisa memperkuat akar rambut. Rambut memiliki massa, bila akarnya tidak kuat akan mengakibatkan rambut jebol dari akarnya. Bila pada anak, ketika masih balita lebih sering di cukur gundul agar kulit kepala bayi lebih mudah diberishkan dan tumbuh rambut baru yang lebih kuat, lebat serta lebih hitam berkilau.

5. Perawatan Dari Dalam

Perawat rambut yang bisa kita lakukan bukan hanya dari luar melainkan juga dari dalam. Bahkan, faktor utama kerontokan rambut bisa disebabkan karena asupan nutrisi yang dikonsumsi tidak seimbang. Sama seperti tanaman yang membutuhkan air dan pupuk, rambut juga membutuhkan pupuk dalam bentuk nutrisi yang kita makan setiap hari. Kurangnya vitamin dan protein berpotensi menyebabkan akar rambut menjadi lemah tak berdaya menahan rambut tetap menancap di kulit kepala. Zat gizi yang kita konsumsi dapat menunjang kekuatan dan kesehatan rambut. Misalnya bila kita kekurangan Vitamin B komplek akan menyebabkan rambut kusam dan mudah berketombe. Sedangkan jika kekurangan vitamin C menyebabkan akar rambut menjadi rapuh.

Sama halnya bila kita jarang makan sayuran berjenis kacang – kacangan dapat beresiko kekurangan zat besi, selain anemia juga dapat mengakibatkan rambut mudah rontok. Bila ingin rambut berkilau makanlah makanan seperti iklan, telur, sayuran dan buah – buahan secara teratur. Bila pada bayi usahakan tetap menjaga agar mengkonsumsi ASI secara ekslusif.

6. Cara Merawat Rambut

Bila anda gemar berolah raga sebaiknya ikat rambut atau gunakan penutup kepala agar rambut tidak terombang ambing dan terkena debu. Hindari paparan sinar matahari langsung yang menganai rambut, untuk yang satu ini tak perlu dijelaskan tentu semua sudah tahu bila panas yang berlebih dapat menyebabkan rambut kering dan kusam. Itulah 6 cara ampuh yang bisa kita andalkan sebagai cara merawat rambut.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s