Penyebab Rambut Rontok dan Cara Mengatasinya

A. Kerontokan rambut karena diet dan kurang nutrisi.

Orang yang melakukan diet dengan tujuan menurunkan berat badan resiko pertama yang dihadapi adalah kekurangan kalori dan nutrisi,. Kalori sangat dibutuhkan tubuh untuk beraktivitas sehari-hari. Dengan diet yang cukup ketat tubuh akan merasa letih, mudah capek, dehidrasi sehingga berdampak pula terhadap kesehatan rambut. Kekurangan zat besi sehingga anemia juga dapat menyebabkan kerontokan rambut.

B. Rambut rontok disebabkan sakit dan mengonsumsi obat tertentu

Saat sakit seseorang tentu meminum obat-obatan tertentu yang berdampak pada rambutnya. Reaksi alergi terhadap obat-obatan tertentu dapat menyebabkan kerontokan rambut. Misalnya jenis obat anti depresan (pengurang tekanan fikiran), dan diuretik serta obat kemoterapi (obat kanker)

C. Rontok rambut karena faktor hormonal

Faktor hormonal bisa disebabkan karena faktor genetik, misalnya Androgenetic Alopecia, Telogen Efluvium, yaitu kerontokan rambut karena folikel rambut berhenti tumbuh karena kehamilan, penyakit maupun pembedahan

sebab rambut rontok dan cara mencegah dan mengatasi rambut yang rontok

C. Rambut rontok karena Stress

Seseorang yang berfikir terlalu keras dan banyak menghadapi berbagai permasalahan berisiko mengalami rambut rontok.

D. Kerontokan karena faktor Usia

Semakin tua umur seseorang semakin berpotensi menyebabkan kerontokan. Ini akibat berkurangnya produktivitas hormon penumbuh rambut.

E. Kesalahan dalam perawatan rambut

Tidak sedikit para wanita yang tergiur iklan dan promosi produk perawatan rambut, namun tidak sesuai dengan jenis rambut. Atau karena ingin mengikuti mode style rambut tertentu sehingga sering pergi ke salon, rambut secara modis memang bagus namun dilihat dari sisi kesehatan, mungkin rambut kita tidak sehat karena sering dipermak.

Bagaimana cara mengatasi kerontokan rambut?
Berikut beberapa tips mencegah serta mengobati kerontokan rambut dari beberapa di atas

1. Jika rambut rontok karena stress, Anda bisa saja melakukan relaksasi melalui aktivitas yoga, terapi, meditasi olahraga ringan seperti berjalan dan lain-lain. Hindari tekanan dan penyebab stres untuk mengurangi kerontokan pada rambut yang lebih parah yang dapat mengarah pada kebotakan.Jika stress jangan meminum obat penenang yang justru bisa memperparah kerontokan
 
2. Jika penyebabnya karena faktor hormonal Anda bisa mengkonsumsi obat-obatan tertentu utuk merangsang dan menyeimbangkan hormon.

 

3. Kerontokan rambut bisa terjadi karena kurang nutrisi seperti vitamin E, C zat besi. Rajin mengkonsumsi obat yang banyak mengandung vitamin tersebut merupaka upaya pencegahan dan pengobatan kerontokan rambut. Selain itu perbanyak mengkonsumsi buah-buahan segar.

4. Saat sakit memang kita mengalami dilema antara penyembuhan atau mengurangi kerontokan rambut. Disini dibutuhkan kebijakan Anda sendiri, namun bisa saja Anda kurangi pemakaian dosis obat. Jika kerontokan masih berlanjut. sepertinya tidak ada jalan lain, kecuali membiarkannya. Hubungannya dengan obat antidepressan , penenang (anti stress), sebisa mungkin menghindari obat-obatan semcam ini, selain dapat menyebabkan kerusakan ginjal juga menyebabkan kecanduan.

5. Kurangi intensitas kegiatan perawatan rambut. Pakai shampo dan kondisioner yang sesuai dengan jenis rambut.

Untuk cara perawatan rambut selengkapnya yang sesuai jenisnya Anda bisa membuka artikel Cara perawatan rambut kering dan berminyak.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s