khasiat madu dan manfaat madu untk kecantkan

Madu adalah cairan yang menyerupai sirup,namun lebih kental dan rasanya manis, (walaupun ada pula yang berasa sedikit keasaman) dihasilkan oleh lebah dan serangga lainnya dari nektar bunga. Rasa manis madu disebapkan oleh unsur monosakarida fruktosa dan glukosa, dan memiliki rasa manis yang hampir sama dengan gula. Madu memiliki rasa yang berbeda daripada gula dan pemanis lainnya. Kebanyakan mikroorganisme tidak bisa berkembang di dalam madu karena rendahnya aktivitas air yang hanya 0.6%.
 
khasiat dan manfaat madu untuk kesehatan dan mengobati berbagai macam penyakit
 

Proses pembentukan madu

 
Lebah atau tawon madu mengubah sakarida, (bentuk molekul karbohidrat paling sederhana terdiri dari satu molekul gula sederhana yang disebut monosakarida, misalnya glukosa, galaktosa, dan fruktosa. Banyak karbohidrat merupakan polimer yang tersusun dari molekul gula yang terangkai menjadi rantai yang panjang serta dapat pula bercabang-cabang, disebut polisakarida, misalnya pati, kitin, dan selulosa. Selain monosakarida dan polisakarida, terdapat pula disakarida (rangkaian dua monosakarida) dan oligosakarida) menjadi madu dengan proses mengunyah berkali kali sampai setengah tercerna. Proses ini tidak dilakukan sekaligus. Setelah dikunyah, sakarida masih dalam bentuk cair dan masin mengandun banyak air, maka proses selanjutnya adalah penguapan sebanyak mungkin air dan transformasi dengan enzim.
 
 

Madu adalah campuran dari gula dan senyawa lainnya. Sehubungan dengan karbohidrat, madu terutama fruktosa (sekitar 38,5%) dan glukosa (sekitar 31,0%), sehingga mirip dengan sirup gula sintetis diproduksi terbalik, yang sekitar 48% fruktosa, glukosa 47%, dan sukrosa 5%. Karbohidrat madu yang tersisa termasuk maltosa, sukrosa, dan karbohidrat kompleks lainnya. Seperti semua pemanis bergizi yang lain, madu sebagian besar mengandung gula dan hanya mengandung sedikit jumlah vitamin atau mineral.Madu juga mengandung sejumlah kecil senyawa yang berfungsi sebagai antioksidan, termasuk chrysin, pinobanksin, vitamin C, katalase, dan pinocembrin.Komposisi spesifik dari sejumlah madu tergantung pada bunga yang tersedia untuk lebah yang menghasilkan madu.

Analisa kandungan madu secara umum:

  •     Fruktosa: 38.2%
  •     Glukosa: 31.3%
  •     Maltosa: 7.1%
  •     Sukrosa: 1.3%
  •     Air: 17.2%
  •     Gula paling tinggi: 1.5%
  •     Abu (analisis kimia):0.2%
  •     Lain-lain: 3.2%

Kekentalan madu adalah sekitar 1,36 kilogram per liter. Atau sama dengan 36% lebih kental daripada air)

A. Khasiat Madu Untuk Kesehatan

Madu selain berguna untuk mencegah berbagai macam penyakit juga bermanfaat untuk megobati berbagai macam penyakit yang sudah kronis, antara lain;

1. Madu sebagai pengobat luka biasa, luka bakar dan penderita diabetes/kencing manis

 

Madu juga sudah terbukti bisa digunakan untuk pengobatan luka pada penderita diabetes dimana si pasien tidak bisa sembarangan mengkonsumsi dan meminum antibiotik. Karena manisnya dari madu berupa fruktosa dan apabila masuk kedalam tubuh akan langsung diubah menjadi energi tanpa perlu hormon insulin untuk mengubahnya. Sehingga dapat menyembuhkan penderita diabetes. Madu juga dapat mengobati luka dan borok. Pada kondisi yang tepat, oksidasi glukosa dapat memecah glukosa madu menjadi hidrogen peroksida, zat yang bersifat antiseptik kuat. Pada penderita luka bakar, madu berguna untuk mempercepat pengeringan luka dan mengurangi munculnya jaringan parut setelah luka bakar sembuh
 

2. Manfaat madu untuk obat batuk dan penyakit pernafasan ringan.

 
Madu sejak lama dikenal obat tradisional dalam mengobati penyakit batuk, flu, bronkitis, asma dan berbagai macam penyakit pernafasan lain. Hanya dengan minum madu di campur dengan jeruk nipis akan mempercepat penyembuhan batuk.
 

3. Madu sebagai Pencegah penyakit, kekebalan tubuh dan Antioksidan

 
Antioksidan merupakan zat yang berguna untuk menangkal dari serangan radikal-radikal bebas, seperti debu, makanan berpengawet, asap rokok, asap hasil pembakaran pabrik kimia dan lainnya. Madu memiliki zat antioksidan tinggi, jadi dengan mengkonsumsi madu berarti kita telah membantu tubuh dan jaringan tubuh dalam menolak serangan radikal bebas tersebut.
 

4. Madu sebagai sumber energi, penambah stamina dan sumber vitamin / mineral

 

Penelitian menunjukkan bahwa madu dapat meningkatkan performa (ergogenic) bantuan yang sangat baik dan membantu dalam mendorong performa olahragawan.Madu juga di gunakan sebagai sumber energi yang menyediakan sekitar 64 kalori per sendok makan.

 
 

Madu mengandung berbagai vitamin dan mineral. Kandungan gizi vitamin dan mineral yang terdapat pada madu tergantung pada nektar apa yang dihisap oleh lebah madu tersebut.

B. Manfaat madu untuk kecantikan

Madu selain berfungsi sebagai pencegah penyakit dan pengobatan juga berguna untuk terapi kecantikan wanita, antara lain:

1. Madu sebagai Perawatan Kulit

Susu dan madu sering disebut bersama-sama sebagai bahan utama yang menjadikan kulit lebih halus dan lembu, karena mampu mengangkat sel kulit yang telah mati. Oleh karena itu di berbagai negara susu dan madu banyak dikonsumsi oleh masyarakatnya. Ada pula kosmetik-kosmetik saat ini yang mengandung madu di dalamnya.

2. Sebagai penurun berat badan / Diet

Madu memiliki lebih banyak kalori dari gula biasa, madu jika dikonsumsi dengan air hangat membantu dalam menyerap lemak yang disimpan dalam tubuh Anda. Demikian juga madu dicampur dengan air jeruk dan madu dengan kayu manis membantu mengurangi berat bedan. Karena madu meskipun di campur dengan apapun pasti akan tetap cocok.
 
3.  Madu berguna sebagai pelembut dan pelembab bibir
 
4.  Untuk conditioner rambut, karena mampu menghilangkan ketombe
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s